Halaman Utama / DISPENDUKCAPIL / PERDANA, DISDUKCAPIL BANYUWANGI LAKUKAN PELAYANAN JEMPUT BOLA PENCATATAN PERKAWINAN BAGI PENDUDUK NON MUSLIM

PERDANA, DISDUKCAPIL BANYUWANGI LAKUKAN PELAYANAN JEMPUT BOLA PENCATATAN PERKAWINAN BAGI PENDUDUK NON MUSLIM

Awal tahun ini merupakan awal yang sangat produktif bagi Disdukcapil Banyuwangi, dimana harus dilakukan pelaksanaan jemput bola untuk  beberapa pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil.

Kepala Bidang Pencatatan Sipil, H. Saifudin, S.H. mengungkapkan bahwa, ini kali pertama bagi Disdukcapil Banyuwangi lakukan jemput bola untuk pencatatan perkawinan non-muslim.

Kali ini pelayanan jemput bola dilakukan di daerah Kedunggebang, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Rabu (20/02/2019) dan di daerah Gendoh Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan yang dilakukan yaitu sosialisasi status kependudukan dalam rangka pencatatan perkawinan bagi penduduk non-muslim. Disdukcapil bekerjasama dengan pemuka agama dan perangkat desa yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan warga dalam melakukan administrasi pencatatan perkawinan yang belum didaftarkan ke Disdukcapil, dan juga meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya pencatatan perkawinan di Disdukcapil. Menurut UU No.1 Thn 1974 Pasal 2 menerangkan, sahnya perkawinan dilakukan menurut agama dan kepercayaan serta dicatat di kantor pencatatan sipil.

Pelayanan jemput bola dilaksanakan sesuai permintaan dari pemuka agama untuk warga sekitar yang ingin melakukan pencatatan perkawinan. Warga bisa melakukan pencatatan atau sekaligus saat menikah langsung dilakukan pencatatan perkawinan.

“Harapannya  pelayanan jemput bola ini juga dapat dilakukan saat Perayaan Hari Besar seperti Imlek, Galungan, dan lain sebagainya” Ungkap H. Saifudin. Dengan adanya pelayanan tersebut warga mengaku sangat terbantu dalam proses administrasi pencatatan sipil.

Tentang Administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *