Halaman Utama / Administrasi Kependudukan / DISDUKCAPIL KAB. BANYUWANGI LAKUKAN PELAYANAN JEMPUT BOLA PEREKAMAN KTP-EL JELANG PILPRES DAN PILEG 2019

DISDUKCAPIL KAB. BANYUWANGI LAKUKAN PELAYANAN JEMPUT BOLA PEREKAMAN KTP-EL JELANG PILPRES DAN PILEG 2019

Tahun 2019  akan diselenggarakan Pemilihan Umum (PEMILU) serentak untuk Calon Presiden dan Calon Legislatif.  Syarat untuk warga yang sudah memiliki hak pilih, harus memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) yang berlaku guna memperbaharui penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Nyatanya yang terjadi di masyarakat seluruh Indonesia masih banyak yang belum melakukan perekaman KTP-el. Di Kabupaten Banyuwangi masih terdapat sebagian penduduk yang masih belum melakukan perekaman KTP-el, sehingga warga yang belum terekam identitasnya dengan KTP-el akan terancam tidak dapat menggunakan hak pilihnya.Melihat permasalahan tersebut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKPENCAPIL) Kabupaten Banyuwangi harus bekerja lebih keras dalam mensukseskan penyelenggaraan  PEMILU 2019, yaitu dengan melakukan pelayanan jemput bola bagi masyarakat dalam pelayanan perekaman KTP-el yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Pelayanan jemput bola dilakukan di berbagai kantor desa sesuai permintaan desa yang bersangkutan, terutama desa yang berpredikat sebagai Kampung KB yang menyebar di Kabupaten Banyuwangi. Selain itu, kegiatan jemput bola juga dilakukan di Lembaga Permasyarakatan (LAPAS) Banyuwangi. Hali ini menindak lanjuti surat dari Direktorat Jendral Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri tanggal 10 Januari 2019 No.471.13/539/Dukcapil Perihal : Gerakan Nasional Jemput Bola Serentak KTP-el di LAPAS/RUTAN. Selain perekaman KTP-el, pelayanan lainnya yang dapat digunakan warga saat pelayanan jemput bola ini yaitu, Pendaftaran Penduduk (Data Blank), Penerbitan SUKET dan/atau KTP-el, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, dan Akta Kematian.

Hasil sementara yang diperoleh terhitung mulai 22 September 2018 sampai 22 Januari 2019, telah dilakukan pelayanan jemput bola dibeberapa desa meliputi Desa Grajagan Kec. Purwoharjo, Desa Tulungrejo Kec. Glenmore, Desa Macan Putih Kec. Kabat, Desa Temurejo (Kampung KB Dusun Sumberjambe) Kec. Bangorejo, Desa Aliyan Kec. Rogojampi,  Desa Jambesari Kec. Giri, dan Desa Badewang Kec. Songgon. Diharapkan dengan adanya pelayanan jemput bola ini dapat membantu keikutsertaan warga dalam PEMILU 2019.

Tentang Admin

4 komentar

  1. Kalau mau buat ktp el baru syaratnya apa saj

  2. gimana dengan warga yang tinggal diluar kota?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *